Senin, 01 Februari 2010

Cilok Tempe Goreng

Udah 2 hari orang yang biasa nyuci baju plus nyetrika plus nyuci piring plus beres – beres dirumahku (istilah pembokat kesannya kasar banget sih) lagi gak masuk. Alhasil akulah yang akhirnya jadi pembokat jadi – jadian. Kebetulan aku kan lagi libur kuliah.
Dari masak, nyuci piring, nyapu lante, ama jemur pakaian (lo’ nyuci pakaian seh tugasna mesin cuci tuch) semuanya aku yang ngerjain plus paksaan dari nenek sih. Lo’ gak dipaksa ya nunggu ati bolong baru aku kerjaen hehehe…
Adekku kan sakit. Waktu itu dia maksa pengen makan. Kebiasaan adekku si Nela itu kalo’ makan harus serba panas. Nasi harus baru keluar dari magic com, lauk pauk juga harus baru ngambil dari tempat sampah, ya gag donk. Yang betul ya baru ngambil dari kuali, kalo’ pake panci ya ngambilnya dari panci…
Lha,,paz itu si Nela lagi pengen makan. Yang ada di lemari es tu tempe ama telor. Di lemari kebetulan ada tepung. Akupun bereksperimen. Tempe pake tepung terigu dan telur kan enak – enak aja (pikirku, n’ emang bener kan??).
Resepkuwh nie:
Bahan: Telor , tempe , tepung ( tidak diketahui secara jelas itu tepung apa , menurut Kiki itu tepung terigu )
Cara :
1. masukkan dan kocok telur pada mangkuk
2. masukkan tepung secukupnya pada mangkuk
3. aduk secara merata
4. Bila masih encer tambahkan lagi hingga adonan mengental
5. Potong – potong tempe hingga kecil
6. masukkan tempe pada adonan
7. Goreng adonan tempe
Waktu lagi goreng, tiba – tiba nenekku tiba di rumah. Beliau menyongsongku di dapur (maaak…bahasanyo). Paz diliat nenek bertanya,
Nenek : ”ki,itu apaan?kok adonannya lengket – lengket gitu?”
Aku : ”tempe tepung ini,tempenya dibuat kecil – kecil, tepungnya dibanyakin biar jadi banyak.” (dengan bangga)
Nenek : “ Itu tepung apa?”
Aku : “ Tepung terigu” (masih dengan bangga dan mantap”
Nenek : (memegang tepung yang tersisa di plastik) “ Halah…ini sih tepung kanji!pantesan adonannya lengket gitu kayak lem.”
Aku : “Gyaaaa…..” (panik)
Aku : “ Sampe aku banyakin tepungnya, aduh gimana ni?”
Nenek : “ Tambahin tepung rempeyek…!!!”
Aku : (nurut, dan memasukkan tepung rempeyek)
Nenek : “ Tambahin air!”
Aku : (manut, memasukkan air)
Nenek : “udah. Cukup … cukup”
Aku : (menggoreng hasil olahan lebih lanjut)
1 menit kemudian
Aku : (mengunyah hasil olahan lebih lanjut) “ Nyam … nyam” (diem aja trus nambahin garem hasil olahan lebih lanjut)
Aku : (nyoba lagi) “ emm…lumayan” (setelah abiz) “ Week..eneg”
Nenek : ( tiba – tiba dating, nyomot satu) “ enak juga..”
Aku : (kaget)
Nela : “ Mbak, mana tempenya?” (sambil ngelirik gumpalan sesuatu berwarna coklat di piring dengan tatapan curiga)
Aku : “ Ini” (menunjuk gumpalan sesuatu berwarna coklat di piring dengan senyum menawan)
Nela : “ Enak tuh?”
Aku : “ Oh enak donk”
Nela : (ambil nasi, ambil gumpalan sesuatu berwarna coklat di piring dua biji dengan hati riang gembira)
Aku : “ Kasih kecap yang banyak biar tambah enak”
Nela : (manut ajah sambil menikmati gumpalan sesuatu berwarna coklat)
Aku : “ Itu namanya CILOK TEMPE GORENG, soalnya tepungnya pake’ kanji, enak kan?”
Nela : “enak”
Akhirnya Nela terselamatkan dari rasa aneh dan eneg setelah makan CILOK TEMPE GORENG karena dia makan pake nasi dan kecap.
Mungkin ada yang mo nyobain buat CILOK TEMPE GORENG silahkan buat, enak kok rasanya. Dengan catatan dihidangkan harus bersama dengan kecap ato saus ato sambal ato ketiganya dalam keadaan masih panas ato hangat. Dilarang keras memakannya sebagai cemilan tanpa apapun.

4 komentar:

  1. lucu...lucu.. Q lebih suka ngemil kok

    BalasHapus
  2. ngemil opo?
    sini dah takbuatin kreasiku tapiii
    huehehe

    BalasHapus
  3. wkwkwk... awkmu pinter dongeng gt ki.. ebat2.. tepuk tangan aq.. ampe guyu2 dewe aq,,wkwk.. coba denger dari km paling tmbh lucu... wkwk..

    BalasHapus
  4. @ferdsyah blogmu apa? pengen liaaattt

    BalasHapus